Perbedaan Jamur Kuku dan Psoriasis Kuku Dengan Gejala Hampir Sama


Jamur Kuku dan Psoriasis Kuku bisa terlihat sama, namun keduanya ialah kondisi yang berbeda. Infeksi jamur kuku menular, sedangkan psoriasis tidak. Mengetahui perbedaan antara psoriasis kuku dan jamur kuku bisa mencegah fenomena menjadi semakin buruk dan menemukan perawatan yang tepat.

Mengenal psoriasis kuku dan jamur kuku

Psoriasis ialah penyakit autoimun yang mengakibatkan sistem kekebalan menjadi terlampau aktif. Perubahan sistem kekebalan ini merangsang sel-sel kulit guna tumbuh lebih cepat dari biasanya.

Psoriasis sebetulnya penyakit kulit yang dapat menyerang unsur tubuh manapun, tapi separuh dari pengidapnya mengalami fenomena di kuku.

Sementara itu, infeksi jamu kuku terjadi saat Anda bersentuhan pada sesuatu yang sudah terinfeksi jamur sebelumnya. Jamur kuku tumbuh subur di lingkungan yang lembab dan hangat, sampai-sampai orang yang tangan dan kakinya tidak jarang basah paling rentan mengalaminya.

Namun, orang dengan sistem kekebalan yang lemah sebab diabetes atau HIV bisa mempunyai luka yang tidak sembuh sesudah infeksi jamur, jadi penyembuhan yang cepat paling penting. Semakin mula perawatan dimulai, semakin baik hasilnya. Penanganan yang tertunda bisa secara permanen merusak dasar kuku.

Meski tampak serupa, ini lain gejala keduanya

Gejala psoriasis kuku

Jenis psoriasis yang bertolak belakang menghasilkan fenomena yang berbeda, dan gejalanya bisa berubah atau memburuk seiring berjalannya waktu. Supaya tidak bingung, kita lebih baik ketahui apa saja fenomena dari psoriasis kuku.

Terjadi pada wilayah yang cedera

Gejala psoriasis kuku sering hadir pada unsur yang baru saja merasakan cedera, misalnya jari-jari kaki. Bagian tersebut tidak jarang kali dijejalkan ke sepatu yang sempit atau kita tidak sengaja tersandung, pasti akan memunculkan cedera pada jari kaki.

Sementara luka tersingkap di tangan atau kaki tidak akan merangsang infeksi jamur. Kebanyakan orang dengan infeksi jamur tidak merasakan cedera sebelum infeksi dimulai.

Kuku berlekuk

Psoriasis mengindikasikan pola kuku yang menguning yang menciptakan lubang yang semakin dalam. Kuku barangkali mulai tampak agak kering, lantas muncul tonjolan yang akhirnya menyusun celah yang dalam atau bahkan lubang.

Kuku terlepas

Psoriasis kuku ingin menyebabkan kuku terlepas dari dasar kuku. Kuku barangkali jatuh sepenuhnya atau melulu putus sebagian. Sebelum kuku jatuh, celah seringkali terbentuk salah satu kuku dan ujung jari.

Infeksi jamur ingin mengubah format dan tampilan kuku namun jarang mengakibatkan kuku jatuh.

Perubahan warna dan struktur kuku

Keratin ialah protein yang menolong membentuk kulit dan kuku. Psoriasis kuku terkadang mengakibatkan terlalu tidak sedikit keratin tumbuh di bawah kuku. Ini dinamakan hiperkeratosis subungual.

Orang-orang dengan fenomena ini mungkin menyaksikan substansi putih, berkapur di bawah kuku. Ketika ini terjadi pada kuku kaki, kaki dapat sakit sebab adanya tekanan. Terlebih lagi andai sedang menggunakan sepatu.

Gejala jamur kuku

Infeksi jamur seringkali memengaruhi jari kaki, bukan pada kuku. Ini sebab jari kaki lebih barangkali bersentuhan dengan jamur ketika berjalan tanpa alas kaki.

Orang yang mengerjakan manikur tertata atau tangan yang tidak jarang basah, sama-sama rentan terhadap infeksi jamur pada kuku. Beberapa fenomena infeksi jamur pada kuku meliputi:

Warna kuku

Infeksi jamur dapat mengakibatkan hiperpigmentasi, yang berarti warna kuku berubah dibuka dengan titik abu-abu, kehijauan, atau cokelat samar yang menjadi lebih gelap dan lebih luas selama sejumlah minggu atau bulan.

Sementara, psoriasis seringkali tidak mengakibatkan bintik-bintik hitam pada kuku.

Perubahan format kuku

Tidak laksana psoriasis, infeksi jamur tidak mengakibatkan lubang pada kuku. Sebaliknya, kuku ingin berubah dari masa-masa ke waktu. Kuku barangkali menipis atau menebal, dan terkadang pecah.

Pola perkembangan kuku

Jamur kuku tidak jarang tumbuh dengan kuku. Ini menempel pada unsur tertentu dari kuku, dan saat kuku tumbuh, unsur kuku bergerak, demikian pun jamur. Karena jamur ingin menyebar, pola ini susah untuk dideteksi.

Menyebar

Baik psoriasis dan infeksi jamur ingin memburuk seiring berjalannya waktu. Namun, psoriasis, tidak menyebar dengan kontak laksana infeksi jamur, sampai-sampai infeksi jamur ingin menyebar lebih cepat.

Orang dengan infeksi jamur pada kuku jari kaki dapat menyaksikan perubahan warna salah satu jari-jari kaki, atau tanda-tanda beda bahwa infeksi sudah menyebar ke kulit salah satu jari-jari kaki.

Infeksi pun akhirnya menyebar ke kuku atau menyebar dari satu jari kaki ke sejumlah jari kaki lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan Jamur Kuku dan Psoriasis Kuku Dengan Gejala Hampir Sama"

Posting Komentar