Saat Olahraga, Tiba-tiba Kaki Gatal, Mungkin ini Sebabnya


Rasa gatal dapat muncul secara tiba-tiba tanpa kita ketahui penyebabnya, bahkan ketika olahraga. Kondisi ini dapat menyerang sekian banyak bagian tubuh tergolong kaki. Dalam sejumlah kasus, rasa gatal ketika olahraga ini bukan urusan sepele, karena dapat jadi tanda dari masalah kesehatan tertentu. Lantas, apa yang menciptakan rasa gatal di kaki dapat muncul ketika olahraga?

Penyebab gatal di kaki ketika olahraga

Gatal atau yang dikenal sebagai pruritus ialah sensasi yang timbul dampak sel kulit atau sel saraf yang merasakan iritasi. Sensasi ini terjadi saat ujung saraf yang dinamakan dengan pruriceptors terangsang oleh infeksi, cedera, bahan kimia, suhu, atau respon imun tubuh.

Saat dirangsang, saraf akan mengantarkan pesan ke benak dan sumsum tulang belakang yang menciptakan Anda refleks guna menggaruknya.

Sayangnya, menggaruk melulu meredakan rasa gatal untuk sedangkan waktu. Agar dapat mendapatkan penanganan yang tepat, kita perlu memahami penyebab pastinya. Berikut sekian banyak penyebab kaki gatal ketika olahraga:

1. Urtikaria kolinergik

Urtikaria kolinergik ialah kondisi saat penambahan suhu tubuh merangsang pembengkakan pada kulit sampai akhirnya mengakibatkan rasa gatal. Kondisi ini dapat terjadi sekitar atau sesudah berolahraga.

Penyebab urtikaria masih belum diketahui secara pasti, tetapi dapat terjadi sebab alergi makanan atau olahraga yang dilaksanakan saat itu. Biasanya situasi ini menciptakan kulit menerbitkan tonjolan merah yang timbul dan terasa paling gatal.

Meskipun rasa gatalnya paling mengganggu namun urtikaria tidak menakut-nakuti jiwa. Umumnya, gejalanya bakal menghilang 10 menit sesudah olahraga selesai.

2. Sirkulasi yang tidak lancar

Dalam sejumlah kasus, gatal di kaki ketika olahraga dapat disebabkan oleh reaksi tubuh tersebut sendiri. Biasanya terjadi pada orang yang sebelumnya jarang berolahraga.

Saat berolahraga, kaki memerlukan pasokan darah yang lumayan banyak. Ketika sirkulasi darah ke lokasi ini meningkat, maka pembuluh kapiler di kaki bakal melebar.

Di ketika yang bersamaan, saraf di dekat kapiler darah akan mengantarkan sinyal gatal ke otak. Biasanya, fenomena ini bakal berhenti setelah sejumlah hari olahraga asalkan Anda membudayakan untuk berlangsung santai secara teratur.

3. Alergi dingin

Coba perhatikan, apakah rasa gatal di kaki ketika olahraga melulu muncul saat Anda berolahraga ketika suhu sedang dingin laksana pagi atau malam hari? Jika iya, barangkali Anda merasakan alergi dingin atau yang disebut pun dengan urtikaria dingin.

Gejalanya serupa dengan urtikaria kolinergik laksana kemerahan yang disertai dengan rasa gatal. Namun, situasi ini juga dapat parah dan lumayan serius laksana menggigil, pembengkakan pada sejumlah bagian tubuh, sampai pingsan.

4. Anafilaksis

Dalam permasalahan yang lumayan jarang, gatal di kaki dapat menjadi tanda dari anafilaktik yang dirangsang oleh olahraga atau dalam istilah asing dinamakan dengan exercise-induced anaphylaxis.

Di samping gatal-gatal, kita juga dapat mengalami sekian banyak masalah seperti kendala bernapas, denyut jantung tidak teratur, bengkak di wajah, muntah, dan pingsan. Jika kita meneruskan latihan, situasi ini dapat mengancam nyawa sebab aliran oksigen ke jantung dan benak akan terhambat sampai akhirnya mengakibatkan kematian.

Pada beberapa orang, situasi ini dapat dipicu oleh kegiatan latihan yang lumayan berat. Sementara pada beberapa lainnya disebabkan oleh pelajaran yang berat dan makanan tertentu.

Untuk memahami lebih jelas situasi mana yang kita alami, usahakan konsultasikan ke dokter andai Anda sering menikmati gatal di kaki ketika olahraga. Dokter akan menyerahkan penanganan yang tepat cocok kondisi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saat Olahraga, Tiba-tiba Kaki Gatal, Mungkin ini Sebabnya"

Posting Komentar