Cara Tepat Masak Nasi Goreng Kambing


Nasi goreng kambing adalah masakan yang terbilang susah susah gampang dalam pengolahannya. Hal ini karena memang jika tidak tepat dalam memasak maka aroma bau kambing yang khas masih akan tercium. Untuk membuat masakan ini membutuhkan bahan yang lebih simple jika dibanding dengan bahan untuk membuat nasi kebuli. Alasan itulah mengapa beberapa orang akan lebih memilih untuk memasaknya pada saat Hari Raya Idul Adha. 

Resep yang digunakan untuk memasak hidangan ini terasa lezat adalah terletak pada bumbunya. Diperlukan beberapa rempah-rempah khas Indonesia untuk bisa membantu menyamarkan bau prengus dari kambing. Jadi bumbu yang dibutuhkan memang akan sedikit berbeda dari bumbu yang dibutuhkan saat membuat nasi goreng biasanya. 

Tips Membuat Nasi Goreng Kambing 

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa untuk membuat nasi goreng kambing yang bebas dari bau prengus maka tipsnya adalah menggunakan aneka rempah-rempah. Dan rempah yang biasa digunakan adalah cengkeh, kapulaga, kunyit, jintan, dan juga kayu manis. Perpaduan semua rempah tersebut akan membuat cita rasa nasi goreng menjadi semakin lezat dan juga aroma yang harum. 

Selain itu, kunci utama lainnya adalah harus tepat dalam mengolah daging kambingnya karena tekstur daging yang salah diolah justru akan menjadi alot. Untuk menghindari itu maka dalam proses mengolah tidak perlu untuk mencuci daging terlebih dahulu. 

Agar tetap higenis maka daging yang telah dipotong-potong direbus dengan menggunakan air mendidih. Kemudian buanglah busa serta kotoran yang muncul pada permukaan air. 

Untuk resep lengkapnya maka simaklah di bawah ini: 

1. Bahan 

Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan adalah nasi sebanyak 3 piring, daging kambing 250gr, kecap manis secukupnya, 2 cm kayu manis, lada secukupnya. Jangan lupa untuk menyiapkan juga garam sesuai selera,1 lembar daun salam, minyak samin, dan air secukupnya. 

Sedangkan untuk bumbu halus, yang perlu disiapkan adalah bawang merah sebanyak 7 siung, 4 siung bawang putih, cabai merai, cabai rawit sesuai selera. Kemudian 2 batang cengkeh, 2 pcs kapulaga, dan jinta kurang lebih ¼ sendok teh. Kunyit bubuk sebanyak ¼ sendok teh atau bisa juga kunyit biasa yang telah dihaluskan dan yang terakhir adalah garam secukupnya. 

2. Cara membuat 

Masuk ke dalam proses pembuatan nasi goreng kambing maka langkah pertama adalah menyiapkan panci kemudian didihkan air untuk daging kambingnya. Masak hingga setengah empuk dan jangan lupa untuk menghilangkan kotoran serta busa pada saat proses memasak daging. 

Sembari menunggu, Anda bisa membuat bumbu halus dengan cara mencampurkan semua bahan tadi kemudian blender atau ulek sampai benar-benar halus. 

Jika daging dan bumbu sudah siap, selanjutnya siapkan penggorengan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu hingga harum. Tambahkan kayu manis serta daun salam dan aduk hingga merata. Lalu masukkan potongan daging tadi dan aduk hingga merata. Jika sudah, tambahkan air kaldu bekas rebusan daging tadi secukupnya. 

Apabila sudah mengental, tambahkan nasi yang telah disiapkan sebelumnya dan aduk hingga semua tercampur merata. Jika sudah, masukan kecap, garam dan cicipi. Jika sudah pas, nasi goreng bisa diangkat dan disajikan. 

Mudah bukan untuk membuat nasi goreng kambing? Jika ingin masakan menjadi lebih lezat maka bisa menambahkan Blueband. Kandungan vitaminnya yang lengkap dan juga adanya omega 3 serta 6 tentu akan baik bagi tubuh serta aroma masakan menjadi lebih harum.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tepat Masak Nasi Goreng Kambing"

Posting Komentar