Hentikan kecanduan gadget pada anak


Gadget dapat menjadi pedang bermata dua, terutama untuk anak-anak. Jika dipakai dengan tepat, benda berteknologi itu dapat menjadi sumber informasi. Namun, andai kebablasan, anak dapat kecanduan.

Jangan biarkan andai anak kita sudah kejangkitan gadget. Kecanduan ini ditandai dengan anak yang tak dapat 'hidup' tanpa gadget.

Penggiat edukasi Najeela Shihab menyarankan teknik mengatasi pemakaian gadget pada anak mesti dilaksanakan sejak dini. Jangan sesudah anak kejangkitan bermain gadget.

"Bagi anak yang telah terlanjur diserahkan gadget dan kecanduan, usahakan dilaksanakan off gadget sekitar tiga minggu," ungkap Najeela.

Setelah itu, orangtua dan anak menciptakan kesepakatan tentang waktu pemakaian. Misalnya dalam sehari melulu bermain gawai satu atau dua jam saja.

Kakak kandung Najwa Shihab ini pun mengingatkan supaya orangtua menyimak konten dan software yang digunakan. Pastikan konten yang disaksikan anak di gadget cocok dengan umur dan kebutuhannya.

"Dari mula diberikan, anak mesti telah diberi pemahaman bahwa gadget adalahmilik orang tua yang diserahkan kepada mereka dengan tidak banyak catatan. Dengan teknik itu mereka tidak sembarang mem-posting, menonton, atau membuka sesuatu urusan yang tidak baik," katanya.

Orangtua mesti kreatif

Di samping itu, Najeela pun mengajak orangtua lebih kreatif membuat kegiatan di rumah.

"Kalau anak bosan, seringkali kita mengatasinya dengan menyerahkan gadget, padahal teknik itu salah. Berikanlah mereka perhatian dan buatlah pekerjaan menyenangkan bareng anggota keluarga supaya perhatian yang awalnya ke gadget, menjadi ke urusan lain," paparnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hentikan kecanduan gadget pada anak"

Posting Komentar