Cara Menghitung Biaya KPR dan Cicilan-nya Bagi Pemula



Bagi Anda pasangan muda, mempertimbangkan dan memutuskan untuk membeli rumah dengan cara KPR seolah menjadi sebuah tren. Karena memang membeli rumah dengan cara kpr ini bisa dikatakan sebagai sebuah solusi alternatif yang paling direkomendasikan. Mengingat saat ini harga tanah dan bangunan yang semakin tinggi. Sehingga kpr ini menjadi satu jalan yang efektif untuk dilakukan dan agar mampu memiliki keluarga yang bahagia. 

Untuk itulah kemudian muncul kredit pemilikan rumah atau kpr ini sebagai sebuah solusi. Dimana kpr mampu menjadi jawaban bagi anda yang ingin memiliki rumah akan tetapi besarnya dana yang harus dimiliki menjadi hambatan yang anda rasakan untuk melakukan pembelian rumah secara tunai. Dengan begitu maka akan lebih mudah bagi anda untuk bisa memenuhi harapan anda. Apalagi kini telah hadir teknologi canggih simulasi kpr yang siap memberikan bantuan terbaik untuk anda. 

Perlu anda ketahui bahwa simulasi kpr atau juga dikenal dengan sebutan kalkulator kpr ini merupakan sebuah sarana yang dapat digunakan untuk membantu anda untuk melakukan estimasi atau perkiraan besarnya cicilan kpr yang harus anda bayarkan setiap bulannya dengan beberapa cara tertentu. Dengan demikian maka anda akan lebih mudah untuk menentukan dan juga melakukan perhitungan kpr yang akan membebani anda dengan pilihan hunian yang anda inginkan. 

Karena bagaimanapun keputusan untuk melakukan pembelian rumah secara kpr juga termasuk sebagai sebuah keputusan yang besar. Sehingga harapannya keputusan yang anda lakukan ini tidak akan menyebabkan terjadinya permasalahan keuangan pada keluarga anda atau bahkan justru mengalami kegagalan pembayaran di kemudian hari hanya karena anda tidak melakukan perhitungan dengan tepat. Tentunya perhitunan ini harus memperhatikan berbagai hal. Diantaranya ialah: 

Perhatikan besarnya uang muka dan biaya yang harus dibayarkan di awal melakukan kpr 

Pada saat anda melakukan pengajuan kpr tentunya anda akan diberikan informasi menganai sejumlah biaya yang akan dibebankan pada anda. Mulai dari biaya uang muka atau down payment (DP) yang harus anda bayarkan di awal maupun biaya yang harus dibayarkan pada saat cicilan. Pastikan anda mengetahuinya dan mencermatinya dengan seksama. Tentunya besaran biaya ini akan berbeda-beda tergantung dari kebijakan masing-masing penerbit kpr meskipun secara garis besar Bank Indonesia atau BI telah menentukan kebijakan khusus terkait hal ini. 

Dimana sesuai peraturan yang dikeluarkan oleh BI, besaran uang muka saat ini adalah berkisar pada 15%, 20%, dan 25% dengan berbagai ketentuan khusus. Akan tetapi sekali lagi karena kebijakan selanjutnya diserahkan pada otonomi masing-masing bank sehingga Anda perlu untuk mencari tahu juga informasi pada setiap penerbit kpr yang anda tuju. 

Perhatikan biaya bunga dan besaran cicilan kpr yang harus anda bayarkan 

Penting bagi anda untuk terus memperhatikan buka kredit yang diterapkan oleh penerbit kpr. Karena besarnya bunga yang ada akan mempengaruhi besaran cicilan yang harus anda bayarkan setiap bulannya kelak. Jika anda belum bisa melakukan perhitungan dengan baik, anda tidak perlu khawatir karena kini telah ada teknologi yang bisa anda manfaatkan. 

Inilah simulasi kpr yang bisa anda akses secara online. anda bisa menemukan simulasi kpr ini baik dari penerbit kpr maupun simulasi dari penyedia secara umum. Tentu saja untuk bisa melakukan perhitungan dengan simulator ini, anda harus melengkapi sejumlah informasi terlebih dahulu. Mulai dari informasi mengenai persentase asumsi bunga yang ditetapkan, tenor KPR yang diberlakukan, pokok kredit yang harus dibayarkan, dan lain sebagainya. Maka anda akan mengetahui informasi mengenai biaya bunga per bulannya dan mengetahui cicilan perbulan yang harus anda bayarkan. 

Secara sederhana, untuk mengetahui total biaya bunya, anda harus mengalikan antara pokok kredit, persentase bunya per tahun, dan juga lamanya tenor dalam satu tahun. Setelah menemukan total bunga, anda perlu membaginya dengan tenor dalam satuan bulan untuk mengetahui biaya bunga setiap bulannya. Lalu untuk mengetahui besaran cicilan setiap bulannya, anda perlu menjumlahkan pokok kredit dengan total bunga kemudian anda bagi dengan lamanya tenor dalam satuan bulan. 

Pastikan anda memilih rumah sesuai dengan kondisi keuangan 

Seperti yang anda ketahui bahwa setiap variasi rumah akan memiliki harga yang juga berbeda. Oleh karena itu dalam mengajukan kredit pemilikan rumah atau kpr, anda harus bisa mempertimbangkan berbagai hal dengan baik. Tentunya anda perlu menyesuaikan pemilahan rumah dengan menyesuaikan kondisi keuangan anda dan memperhitungkan dengan tepat kemampuan bayar anda. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mencegah terjadinya permasalahan keuangan dan juga kondisi gagal bayar yang mungkin saja terjadi jika anda kurang cermat. 

Itulah berbagai hal yang sebaiknya anda perhatikan sebelum anda memilih atau menentukan untuk melakukan kpr rumah impian anda. Dengan begitu maka anda bisa hidup dengan lebih tenang dan bahagia. Dan tentunya tak lupa anda bisa memenuhi kebutuhan anda dengan baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghitung Biaya KPR dan Cicilan-nya Bagi Pemula "

Posting Komentar