Inilah 4 Poin Penting Jaminan Kecelakaan Kerja yang Harus Anda Ketahui

Inilah-4-Poin-Penting-Jaminan-Kecelakaan-Kerja-yang-Harus-Anda-Ketahui

Pekerjaan apapun tentu saja tidak akan terlepas dari resiko terjadinya kecelakaan. Misalnya, jika Anda lalai tidak menggunakan kacamata pelindung saat mengelas besi, maka kemungkinan besar mata Anda akan terkena percikan api. Begitupun saat Anda mengelap jendela-jendela gedung pencakar langit tanpa pengaman, kemungkinan terjadi kecelakaan pun lebih tinggi. Oleh karena itu, setiap perusahaan kini harus memberikan jaminan kecelakaan kerja bagi para pegawainya. 

Jaminan kecelakaan kerja (JKK) merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi para pekerja. Perlindungan tersebut meliputi kecelakaan mulai dari perjalanan dari rumah menuju tempat kerja, begitupun sebaliknya. Selain itu Jaminan kecelakaan kerja juga berlaku untuk perlindungan penyakit yang ditimbulkan dari lingkungan kerja. 

Pembayaran iuran Jaminan kecelakaan kerja ini tentu saja dibayarkan oleh pihak perusahaan yang kemudian dibayarkan ke pihak BPJS ketenagakerjaan. Iuran yang dibayarkan tentu saja disesuaikan dengan tingkat risiko lingkungan kerja yang besarannya paling lama dievaluasi selama 2 tahun sekali. Misalnya jika tingkat resiko kecelakaan sangat rendah, maka iuran yang dibayarkan sebesar 0.24% dari gaji perbulan. Sedangkan tingkat resiko kecelakaan sangat tinggi, maka iuran yang dibayarkan sebesar 1.74% dari gaji perbulan. 

Jaminan kecelakaan tersebut tentu saja akan memiliki banyak manfaat bagi para pekerja. Kini, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan di tempat kerja. Jaminan tersebut tentu saja akan menanggung biaya pengobatan dan perawatan Anda, bahkan jika Anda mengalami cacat total akibat kecelakaan tersebut. Meskipun begitu, Anda tetap harus berhati-hati saat bekerja karena keselamatan Anda adalah yang paling utama. 

4 Poin Penting Jaminan Kecelakaan Kerja 

Sebelum Anda mendapatkan jaminan kecelakaan kerja dari perusahaan Anda, ada baiknya untuk mengetahui beberapa poin penting mengenai jaminan tersebut. Lalu, apa saja poin-poin yang harus diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Manfaat Jaminan Kecelakaan kerja 

Poin pertama yang harus Anda ketahui yaitu manfaat dari jaminan kecelakaan itu sendiri. JKK memiliki berbagai manfaat bagi para pekerja, diantaranya pelayanan kesehatan, pendampingan pekerja yang mengalami kecelakaan maupun sakit akibat bekerja, program pencegahan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan, program rehabilitasi berupa alat bantu atau alat ganti jika pekerja mengalami kecelakaan yang mengakibatkan anggota tubuhnya tidak berfungsi atau putus, dan bantuan berupa uang yang meliputi biaya ke Rumah Sakit, kematian, dan pemakaman. 

2. Keuntungan Jaminan Kecelakaan Kerja bagi perusahaan 

Jika JKK memberikan keuntungan bagi pekerja, lalu apa keuntungan JKK tersebut bagi pihak perusahaan? Jika salah satu pekerja mengalami kecelakaan, maka pekerjaan yang diembannya akan digantikan oleh pekerja lainnya. Pihak perusahaan tentu saja tidak akan menanggung beban gaji pekerja pengganti tersebut, meskipun ia mendapatkan tambahan pekerjaan. 

3. Persyaratan untuk mendaftarkan JKK pekerja 

Untuk mendapatkan santunan dari jaminan kecelakaan kerja, tentu saja para pekerja atau karyawan dari sebuah perusahaan harus memberikan dokumen persyaratan yang diberlakukan oleh perusahaan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi fotokopi dan dokumen asli NPWP perusahaan, fotokopi dan dokumen asli Surat Izin Usaha Perdagangan, Fotokopi dan dokumen asli Akta perdagangan perusahaan, fotokopi KTP, fotokopi Kartu Keluarga, dan pas foto 2x3 sebanyak satu lembar. 

4. Cara mendaftarkan pekerja pada program JKK 

Untuk mendaftarkan para pekerja atau karyawan pada program JKK, pihak perusahaan bisa mendaftarkannya melalui situs resmi BPJS ketenagakerjaan. Pihak perusahaan akan melakukan registrasi dengan menggunakan email resminya. Setelah proses tersebut diverifikasi oleh pihak BPJS, pihak perusahaan tinggal datang ke kantor BPJS dengan membawa semua dokumen persyaratan karyawan. 

Itulah 4 poin penting jaminan kecelakaan kerja yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 4 Poin Penting Jaminan Kecelakaan Kerja yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar