Lampu Mobil Anda Redup?, Mungkin berikut Ini Penyebabnya


Berkendara saat malam hari pasti memerlukan perhatian serta kesiagaan yang cukup tambahan. Diluar itu, berkendara saat malam hari harus juga didukung oleh penerangan yang ideal, baik itu dari lampu jalan atau lampu kendaraan tersebut. 

Sayangnya, seringkali beberapa kendaraan malah mempunyai lampu kendaraan yang penerangannya kurang mencukupi. Bukannya untuk mengecek keadaan lampu kendaraan itu terlebih dulu, malah beberapa orang yang pilih untuk ganti bohlam standarnya dengan HID atau bohlam dengan kelvin yang tambah tinggi. 

Walau sebenarnya, kurang terangnya lampu standard kendaraan tidak selalu dikarenakan oleh minimnya intensif sinar bohlam lampu itu. Tetapi, ada pula beberapa pemicu yang lain yang bisa mengakibatkan lampu kendaraan jadi kurang jelas. 

Technical Service Dealer PT Astra Daihatsu Motor, Bambang Supriyadi, mengutarakan minimal ada 4 hal yang bisa mengakibatkan lampu kendaraan jadi kurang jelas, yakni 

1. Umur Bohlam 

Supriyadi menerangkan, hal pertama yang bisa pantas dicheck saat lampu telah mulai kurang jelas yakni keadaan bohlam itu. Seringkali, beberapa bohlam akan mulai meredup saat memang umur pakainya telah termasuk cukuplah lama. 

“Kondisi bohlam lampu tersebut mungkin saja sudah alami penurunan akibatnya karena umur pakainya. Ini biasanya dihadapi oleh mobil-mobil yang telah berumur usang. Jika telah demikian, semestinya ya ditukar serta masih ikuti saran bawaannya,” jelas Supriyadi. 

Diluar itu, yakinkan keadaan arus listrik pada lampu itu masih juga dalam keadaan normal sesuai dengan standard serta tidak kendur. Sebab arus listrik yang tidak selaras ataukah tidak konstan, seringkali bisa memengaruhi intensif dari sinar lampu kendaraan tersebut. 

2. Mika Lampu yang Menguning 

Unsur seterusnya yang mungkin mengakibatkan lampu kendaraan jadi kurang jelas yakni kotornya mika dari lampu tersebut. Lumayan banyak mika lampu kendaraan yang telah dalam keadaan buram serta menguning. 

“Selain bohlam itu barusan, juga bisa dari keadaan mikanya yang telah menguning. Mika menguning ini dapat juga dikarenakan oleh dua unsur. Pertama, unsur umur kendaraan tersebut. Ke-2, unsur pemakaian bohlam awalnya,” papar Supriyadi. 

Supriyadi lanjut menerangkan, lumayan banyak kendaraan yang telah berumur tua memang akan alami babak mika lampu jadi menguning. Tetapi, lumayan banyak mika lampu yang menguning yang dikarenakan oleh pemakaian bohlam yang mempunyai intensif sinar atau kelvin begitu tinggi. 

Bohlam dengan intensif sinar atau kelvin begitu tinggi, pasti mengakibatkan panas berlebihan yang tidak sesuai potensi dari mika lampu tersebut. 

3. Reflektor yang Telah Rusak 

Tidak hanya keadaan mika lampu yang menguning, seringkali lumayan banyak kendaraan yang reflektor lampunya telah rusak. Rusaknya reflektor lampu pasti kurangi kapasitas serta konsentrasi dari lampu itu. 

Rusaknya reflektor lampu kadang dikarenakan oleh pemakaian bohlam lampu awalnya yang tidak cocok standard. Bohlam lampu yang mempunyai intensif atau kelvin begitu tinggi, biasanya akan membuahkan suhu panas yang tinggi di bagian dalam lampu, bahkan juga juga bisa mengakibatkan terbakarnya reflektor itu. 

4. Titik Konsentrasi yang Tidak Jelas 

Tidak hanya tiga point di atas, Supriyadi menyarankan supaya beberapa pemilik kendaraan itu mengecek titik konsentrasi lampu kendaraan. Apa telah terlalu fokus pada satu titik atau malah masih menebar. 

“Titik konsentrasi lampu itu semestinya di check. Jangan pernah titik fokusnya itu menebar kemana saja arahnya. Ditata serta diprioritaskan pada satu titik,” sebut Supriyadi. 

Supriyadi merekomendasikan supaya arah titik konsentrasi lampu itu semestinya ke arah jalanan. Dengan mengarahkan titik konsentrasi lampu mengarah bawah jalanan, pasti menolong kita lihat keadaan serta marka jalan yang ada. 

Bila 4 hal yang disebut di atas masih juga dalam keadaan baik, tetapi penerangan masih kurang mencukupi. Semestinya masih jauhi ganti bohlam lampu bawaan dengan bohlam lampu HID atau yang mempunyai intensif kelvin tinggi. 

Menurut Supriyadi, pemakaian bohlam standard tentunya sudah lewat bermacam pengujian serta kontrol. Hingga, pemakaian bohlam standard pasti sudah sesuai kemampuan dari mika serta reflektor lampu tersebut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lampu Mobil Anda Redup?, Mungkin berikut Ini Penyebabnya"

Posting Komentar