Nugget Ayam Sehat atau Berbahaya bagi Anak? Yuk, Simak Cara Memilih Nugget Sehat Berikut!

Nugget-Ayam-Sehat-atau-Berbahaya-bagi-Anak-Yuk-Simak-Cara-Memilih-Nugget-Sehat-Berikut

Nugget ayam merupakan salah satu panganan yang digilai anak-anak hingga orang dewasa. Tekstur rasa yang renyah dan gurih menjadi alasan nugget cocok dijadikan cemilan saat berkumpul bersama keluarga. Orangtua sering memberikan lauk berupa nugget agar anak-anak memiliki nafsu makan. Namun, amankah mengkonsumsi nugget sebenarnya? 

Nugget ayam sehat dan berbahaya, bagaimana cara membedakannya? 

Sebaiknya Anda mulai khawatir mengenai dampak mengkonsumsi nugget ayam pada anak-anak terlalu sering. Nugget yang masuk dalam kategori berbahaya karena olahan pabrik yang menggunakan bahan tambahan seperti TBHQ, GMO Corn, autolysed yeast extract dengan MSG, dimethylpolysiloxane antifoaming agent, sodium dan minyak kedelai terhidrogenasi. Tak mengherankan kalau nutrisi atau protein pada daging ayam menjadi hilang karena proses pembuatan nugget beku ini. 

Ada beberapa efek negatif yang bisa anak dapatkan jika mengkonsumsi nugget beku buatan pabrik antara lain efek minyak kedelai terhidrogenasi bisa mengandung lemak trans sehingga menyebabkan obesitas. Selain itu, ada banyak masalah serius lain yang harus diperhatikan seperti efek gula dekstrosa bisa menyebabkan orang mengalami hiperglikemia, terlalu banyak konsumsi natrium memicu tekanan darah tinggi, tepung gluten bisa menyebabkan gangguan kadar darah dan TBHQ serta dimethylpolysiloxane bisa menyebabkan kerusakan hati dan saraf. 

Lalu, bagaimana cara menikmati nugget ayam yang sehat mengingat anak-anak begitu gemar camilan ini? Ada banyak olahan nugget beku dari pabrik atau homemade atau tradisional yang tersedia di pasaran. Anda bisa melihat bagaimana olahan daging ayam tidak dicampur dengan berbagai bahan berbahaya berdasarkan beberapa tips berikut ini. 

  • Perhatikan warna nugget 
Perhatikan dulu bagaimana warna nugget yang lebih sehat yaitu berwarna putih atau kuning muda. Biasanya nugget memang berlapis tepung roti putih sehingga warnanya agak kuning oranye muda. Hindari nugget yang berwarna oranye terlalu mencolok sebab bisa saja menggunakan bahan pewarna non pangan. 

  • Perhatikan tekstur nugget 
Anda bisa mencoba menekan nugget agar bisa melihat langsung bagaimana tekstur olahan pangan tersebut. Tekstur yang mudah rapuh, terpotong atau lapisan tepung roti mudah terkelupas merupakan ciri nugget yang baik. 

  • Perhatikan aroma nugget 
Saat Anda hendak memotong atau menggoreng nugget, biasanya olahan akan memberikan aroma daging ayam atau ikan segar tergantung jenis nugget yang Anda pilih. 

  • Perhatikan harga, kemasan dan penyimpanan 
Harga nugget ayam yang sehat cenderung lebih mahal sebab tidak ada tambahan aditif yang berbahaya, kemasan nugget juga berkualitas dan telah mendapatkan label Halal serta BPOM RI. Selain itu, penyimpanan nugget dalam suhu ruangan hanya tahan 1-2 hari saja. 

Nah, kini Anda sudah tahu mana nugget yang baik dan sehat untuk anak-anak di rumah, bukan? Kalau Anda ingin menghadirkan menu camilan yang lebih sehat untuk anak atau seluruh anggota keluarga, sebaiknya membuat olahan nugget sendiri. Anda bisa menambahkan nugget dari daging ayam dengan tambahan pelengkap lain. Anda bisa memilih bahan yang lebih sehat seperti tahu, wortel atau sayuran hijau lain. Anda bisa mendapatkan manfaat sayuran untuk anak-anak ya! 

Membuat resep nugget ayam sendiri di rumah memberikan manfaat yang lebih besar antara lain cita rasa yang lebih istimewa dengan tambahan sayur, konsumsi nugget yang lebih sehat dan higienis serta menghemat pengeluaran rumah tangga. Membeli dan membuat nugget sendiri lebih hemat dibandingkan membeli produk olahan jadi yang kurang meyakinkan dari sisi kesehatan, bukan? Yuk, sajikan olahan nugget berbahan daging ayam dan sayur yang enak ya! 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nugget Ayam Sehat atau Berbahaya bagi Anak? Yuk, Simak Cara Memilih Nugget Sehat Berikut!"

Posting Komentar