Ragam Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan


Rumput fatimah dijagokan bisa lancarkan proses bersalin ibu hamil. Tetapi kenyataannya, faedah rumput fatimah bukan hanya itu. Apalagi? 

Apakah itu rumput fatimah? 

Rumput atau akar fatimah punyai nama latin jadi Labisa pumila. Tanaman ini banyak diketemukan di Asia Tenggara, khususnya di dataran dengan ketinggian 300 sampai 700 mtr.. 

Rumput fatimah punyai bentuk daun yang kecil dengan batang menjalar, Tinggi tanaman ini seputar 30 sampai 40 cm. Daunnya berupa elips lancip dengan bagian atas daun berwarna hijau gelap serta sisi bawah berwarna hijau muda sampai ungu kemerahan. 

Apakah benar dapat lancarkan proses melahirkan? 

Di Malaysia, tanaman ini dikeringkan serta esktraknya diminum beberapa waktu dekati tanggal persalinan. Tidak hanya dengan racikan sendiri, akar fatimah di jual bebas di Malaysia dalam bermacam-macam. Dari mulai suplemen herbal sampai minuman kaleng siap minum. 

Meskipun begitu, sampai sekarang belum diketemukan riset atau saran medis valid yang mengatakan faedah rumput atau akar fatimah untuk lancarkan persalinan. Sebaliknya, dokter serta pegiat kesehatan malah tidak mereferensikan calon ibu minum jamu rumput fatimah. 

Kandungan tersendiri yang ada di akar fatimah disangka bisa menyebabkan kontraksi rahim begitu awal, yang dikuatirkan bisa mengakibatkan komplikasi waktu persalinan. 

Sebaiknya ibu hamil tidak memakai ramuan atau obat herbal type apa pun sebelum konsultasi serta mendapatkan kesepakatan dari dokter. 

Lalu, apa faedah rumput fatimah untuk kesehatan? 

1. Mencegah radikal bebas 

Meringkas isi riset dari Kuala Lumpur, Malaysia, rumput fatimah memiliki kandungan anti-oksidan yang punyai faedah baik untuk badan. 

Kandungan anti-oksidan yang diketemukan di dalamnya diantaranya flavonoid, asam askorbat, beta-karoten, anthocyanin, serta senyawa fenolik. Betakaroten dalam rumput fatimah dapat dibuktikan bisa menghalangi dampak radikal bebas di badan. Sedang flavonoid berperan menahan berlangsungnya penyakit akut seperti osteoporosis, rematik, serta penyakit lain yang terkait dengan depresi oksidatif. 

Kandungan fenolik pada rumput fatimah punya potensi memperkuat sisitem kebal badan untuk menahan peradangan serta paparan infeksi penyakit. 

2. Kurangi efek osteoporosis pada wanita menopause 

Pada riset ini, ekstrak rumput fatimah tunjukkan kekuatan faedah jadi obat untuk penyakit osteoporosis, rematik, serta permasalahan peranan seksual wanita. 

Rumput fatimah memiliki kandungan zat fitoestrogen alami. Di dunia kedokteran, zat fitoestrogen bisa dipakai jadi pilihan therapy estrogen untuk menangani permasalahan osteoporosis yang dikarenakan oleh menopause. Ekstrak rumput fatimah diadukan lebih aman daripada therapy estrogen sebab tidak diketemukan efek resikonya yang bermakna. 

Tetapi, ekstrak ini cuma dapat dipakai dalam dosis yang rendah. Satu studi percontohan memberikan laporan jika dosis herbal rumput fatimah yang aman batasnya sekitar sampai 560 mg/hari untuk wanita pascamenopause. 

Sebegitu banyak bisa mengonsumsi akar fatimah? 

Untuk memperoleh faedah dari rumput fatimah, Anda dapat konsumsi ekstraknya dalam sediaan produk herbal seperti kapsul, teh, serta minuman kalengan. 

Umumnya produk herbal atau minuman rumput fatimah di market memiliki kandungan dosis 154 mg, yang dapat diminum optimal 2x dalam satu hari. Walau demikian, masih lebih baik konsultasi dahulu ke dokter sebelum Anda putuskan memakai produk herbal apapun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ragam Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan"

Posting Komentar