Tips Mengetahui Shockbreaker Mobil Rusak


Jadi sisi dari suspensi, shockbreaker mempunyai fungsi yang penting. Tidak hanya bermanfaat untuk memberi kenyamanan, shockbreaker berperan dalam memberi pengaturan mobil yang lebih baik. 

Sebab mempunyai kapasitas yang cukup berat itu, tentunya shockbreaker alami babak penurunan kapasitas bahkan juga rusak. 

Lalu bagaimanakah cara untuk tahu jika shockbreaker mobil memiliki masalah? 

Pemilik bengkel Engine Block Autoworks, Hadi Taruna menjelaskan, pada umumnya ada 3 sinyal serta langkah untuk menjumpai terdapatnya permasalahan pada shockbreaker, yaitu: 

1. Berasa Mantul-mantul 

Ini dapat berasa saat mobil melewati polisi tidur. Dalam keadaan ini, harusnya shockbreaker punyai peranan untuk menahan pantulan supaya tidak berlangsung tanda-tanda mental-mentul. 

Tetapi, saat shockbreaker lemah karena itu tanda-tanda mental-mentul akan terasa sangat. 

“Cara yang paling sederhana ya dirasa dari ayunannya waktu melewati polisi tidur. Bila shockbreaker telah lemah, kan akan terasa sangat mental-mentul lebih dari sekali,” jelas pria yang akrab dipanggil Hatar itu. 

Hatar memberikan tambahan, jika kehancuran telah kronis, mental-mentul itu dibarengi dengan bunyi ‘dug’ yang datang dari bentrokan as shockbreaker. 

“Biasanya orang kalau denger bunyi ‘dug’ begitu, akan mengiranya itu datang dari balljoint atau apa lah. Walau sebenarnya itu dari suspensi yang telah lemah hingga as shockbreaker-nya tidak main, serta yang mengayun itu cuma per saja,” Hatar memberikan tambahan. 

2. Limbung 

Tanda-tanda ini dapat dirasa saat mobil meluncur di jalan lurus. Mobil yang mempunyai shockbreaker lemah maka sangat terasa limbung dari umumnya. 

3. Turunnya Ground Clearance 

Keadaan shockbreaker yang lemah memengaruhi ketahanan bebannya. Hingga turunnya ground clearence mobil dapat juga jadikan tanda. 

Fisik Shockbreaker 

Tidak hanya bisa dirasa, untuk menjumpai shockbreaker yang telah lemah atau rusak dapat juga dikerjakan dengan memeriksa keadaan fisiknya. 

"Shock yang telah lemah atau rusak dapat juga disaksikan dengan fisik. Triknya itu, shock dicabut terus didesak gunakan tangan. Nah, jika waktu didesak dengan tangan ia gampang turun, bermakna itu telah rusak. Juga bisa disaksikan ada serapan oli ataukah tidak," jelas Hatar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengetahui Shockbreaker Mobil Rusak"

Posting Komentar