Inilah Beberapa Tips Menentukan Harga Sewa Properti


Tahun ke tahun harga sewa properti pasti akan naik. Tidak hanya dilihat dari lokasinya saja. Namun, ada beberapa hal lain yang justru ikut mempengaruhi. Oleh sebab itu, tips-tips berikut bisa membantu kamu untuk menentukan harga sewa properti yang pas. 

Tips Menentukan Harga Sewa Properti

Bisnis dalam bidang properti sudah sejak lama menjadi investasi paling menggiurkan. Hal ini dikarenakan, properti sendiri dianggap lebih aman dan menjanjikan keuntungan yang lebih besar. 

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mendapat keuntungan dari investasi properti adalah dengan menyewakannya. Namun, dalam hal sewa-menyewa properti, tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai properti yang kamu sewakan justru terlalu mahal atau bisa jadi terlalu murah dan membuat rugi. Untuk menghindari hal tersebut, berikut ada beberapa tips untuk menentukan harga yang baik. 

Menghitung Cap Rate Properti 

Tips pertama untuk menentukan harga sewa properti adalah menghitung dengan baik dan benar cap rate properti yang kamu punya. Cap rate atau biasa disebut tingkat kapitalisasi bisa dihitung dnegan cara membagi penghasilan operasional bersih dengan harga pembelian. Ada juga cara mudah untuk menghitung cap rate ini, yaitu dengan melihat jenis properti. 

Berikut panduan menghitung cap rate berdasarkan jenis properti. Tanah kosong sebesar 0,5% – 2%, rumah sewa 3%-5%, ruko dan rukan 6,5% - 9%, apartemen 7%-10%, kios dan toko 5%-10% dan ruang perkantoran sebesar 7%-10%. Untuk contohnya, misalkan harga jual sebuah rumah adalah sebesar Rp 1 milyar, maka harga sewa yang wajar adalah Rp 30 – 50 juta. 

Melihat Harga Pasaran 

Melihat harga pasaran juga termasuk tips untuk menentukan harga sewa properti. Di mana, hal ini sangat penting untuk dilakukan, agar properti yang kamu sewakan tidak terasa kemahalan. Selidikilah harga normal untuk properti yang akan disewakan, lihat bagaimana kelebihan dan kekurangan dari properti tersebut. Hal ini perlu dilakukan, karena tidak ada calon tenan yang senang dengan harga terlalu mahal dengan kondisi properti tidak layak. 

Lokasi 

Lokasi yang strategis dan dipenuhi dengan fasilitas publik tentunya akan membuat harga sewa lebih mahal dan biasanya para calon tenan tidak akan keberatan dengan hal itu. 

Dengan lokasi yang strategis, tentunya para pencari sewa rumah akan suka dan berani mengeluarkan dana berapapun. 

Menyesuaikan dengan Fasilitas yang Ada dan Biaya Lain-lain 

Setelah kamu melakukan perbandingan dengan pesaingmu dan tidak mendapat hal berbeda. Maka, untuk menentukan harga sewa properti, bisa diikuti dengan penambahan fasilitas, seperti pendingin ruangan, kasur, lemari, kolam renang dan lain sebagainya. Dengan fasilitas yang cukup dan memadai tentunya tidak akan membuat para calon tenan keberatan dengan harga yang kamu harapkan. 

Mempertimbangkan Biaya Masuk dan Keluar 

Biaya masuk dan keluar tentunya juga penting diperhatikan untuk menentukan harga sewa properti yang pas. Hal ini akan berdampak pada untung dan rugi yang nantinya akan kamu dapatkan. Untuk menentukan harga yang pas, jangan lupa juga untuk memperhatikan biaya pengeluaran, seperti biaya perawatan dan lain-lain. Jangan sampai biaya pengeluaran lebih besar dibandingkan pemasukan. 

Beberapa tips menentukan harga sewa properti di atas bisa menjadi solusi bagi kamu. Untuk mencari tahu berbagai hal tentang sewa properti ini, kamu bisa mengunjungi https://artikel.rumah123.com/ Di sana kamu juga bisa mengetahui cara mengatasi kenaikan harga sewa properti.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Beberapa Tips Menentukan Harga Sewa Properti"

Posting Komentar