Tips Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Untuk Ibu Hamil Muda


Tahu tempat tidur ibu hamil muda yang dianjurkan bisa menolong ibu hamil jalankan kehamilan dengan nyaman dan aman. Lebih sebab saat hamil muda, badan akan alami pergantian fisik serta hormon yang bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, terhitung waktu tidur. 

Tidur pulas dapat jadi hal yang susah didapat saat sedang hamil muda. Masalahnya tempat tidur yang umumnya nyaman sekarang jadi kurang nyaman karena perut yang mulai jadi membesar. Tetapi tak perlu cemas, sebab ada banyak tempat tidur yang dapat menolong ibu hamil agar bisa tidur dengan pulas. 

Posisi Tidur yang Disarankan saat Hamil Muda

Dari banyaknya tempat tidur yang ada, paling tidak ada dua tempat tidur yang dianjurkan sepanjang hamil: 

1. Tidur miring (sleep on side / SOS) 

Tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk salah satu tempat tidur yang paling nyaman untuk ibu hamil muda. Tidak hanya nyaman, tempat ini benar-benar baik untuk kehamilan, sebab dapat tingkatkan saluran darah serta nutrisi ke janin. 

Supaya tempat tidur makin nyaman, Anda dapat menyimpan bantal dibawah perut, antara kaki, dan di belakang punggung. Tempat tidur miring ke kiri ini benar-benar baik untuk ibu hamil muda yang alami sesak napas serta ngilu punggung. 

2. Tidur 1/2 Duduk 

Tidur dengan tempat 1/2 terduduk cukup membuat ibu yang sedang hamil muda merasakan nyaman. Tempat ini dapat juga memudahkan ngilu ulu hati yang seringkali berlangsung sepanjang trimester pertama kehamilan. 

Ngilu ulu hati pada ibu hamil biasanya dipacu oleh hormon progesteron yang mengakibatkan otot di antara lambung serta kerongkongan melemah. Akhirnya, makanan serta asam lambung yang ada di lambung bisa kembali naik ke kerongkongan. Untuk tempat tidur terduduk yang bertambah nyaman, Anda dapat memberikan tambahan berapakah bantal dibawah punggung. 

Bila rasa tidak nyaman waktu tidur dikarenakan oleh pergantian payudara, karena itu ibu hamil dapat mengakalinya dengan memakai bra spesial. Contohnya bra spesial ibu hamil atau bra untuk olahraga (sports bra) yang nyaman. Diluar itu, ibu hamil bisa memeluk bantal besar untuk menolong membuat perlindungan payudara yang peka. 

Posisi Tidur yang Perlu Dihindari Ibu Hamil Muda

Tidak hanya tahu tempat tidur yang dianjurkan, ibu hamil butuh mengerti tempat tidur yang butuh dijauhi, misalnya: 

1. Tidur telentang 

Tidur telentang adalah satu diantara tempat tidur yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Masalahnya seiring berjalannya waktu kandungan akan makin jadi membesar serta bisa mendesak pembuluh darah penting, hingga kurangi suplai darah ke arah ke janin. 

Tidak itu saja, tidur dengan tempat telentang sepanjang hamil dapat juga mengakibatkan timbulnya beberapa masalah, seperti gampang pusing, ngilu otot, serta ambeien. Tetapi, tak perlu cemas, bila terjaga dalam keadaan tidur telentang. Bertukar tempat sepanjang tidur adalah hal alami serta susah untuk dijauhi. 

2. Tidur tengkurap 

Tidak hanya tidur telentang, tempat tidur tengkurap pun tidak disarankan untuk ibu yang sedang hamil. Walaupun sebetulnya, ibu hamil muda masih dibolehkan untuk tidur tengkurap. 

Namun, tempat ini semestinya dijauhi saat ukuran perut telah makin jadi membesar. Tidur dengan tempat tengkurap dalam kondisi perut besar cuma membuat Anda merasakan tidak nyaman, sekaligus juga membahayakan kehamilan. 

Pada awal kehamilan, sebetulnya belum berlangsung pergantian fisik yang relevan, hingga ibu hamil masih dapat tidur dengan beberapa tempat yang disenangi. Namun, saat ukuran perut telah semakin jadi membesar, semestinya tidur dengan tempat miring atau 1/2 duduk serta jauhi tempat telentang atau tengkurap. 

Untuk memperoleh info selanjutnya tentang tempat tidur ibu hamil muda yang disarankan, jangan sangsi untuk konsultasi ke dokter kandungan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Posisi Tidur yang Aman dan Nyaman Untuk Ibu Hamil Muda"

Posting Komentar