Mari Ketahui Gejala Umum Sindrom Wernicke Korsakoff

Sumber : alodokter.com
Sindrom Wernicke Korsakoff merupakan kelainan saraf yang dapat disebut karena kekurangan vitamin B1 atau tiamin atau thiamine. Sindrom ini umumnya dapat muncul pelan-pelan atau dikatakan tidak menyerang secara sekaligus. Sindrom Wernicke Korsakoff muncul atau penyebabnya diduga berkaitan erat akibat tingginya konsumsi alkohol dalam rentang waktu yang panjang. Akan tetapi, konon masalah pencernaan, malnutrisi hingga kanker, dapat pula menjadi penyebabnya. 

Para ahli menurut laman Hello Sehat juga mendiskusikan mengenai apakah sindrom Wernicke Korsakoff ialah dua kondisi yang berbeda namun dapat saling berkaitan atau apakah pada sindrom ini merupakan spektrum yang berasal berdasarkan satu penyakit yang sama. 

Beberapa ahli meyakini bahwa ensefalopati pada Wernicke sebagi permulaan kondisi pemicunya, sedangkan sindrom Korsakoff ialah bentuk kronis setelah jangka panjang dari kelainan ini. Meskipun bahkan jika telah ditangani, ensefalopati Wernicke juga sering berujung pada sindrom Korsakoff akhirnya. Ensefalopati Wernicke sebagai serangkaian perubahan sistem saraf serta fungsi kognitif atau fungsi berpikir dari manusia. Apabila tidak segera ditangani maka dapat berakibat fatal bahkan mematikan. 

Terdapat beberapa gejala umum sindrom wernicke korsakoff ini antara lain penderita mungkin mengalami penglihatan ganda, adanya kelopak mata bagian atas menjadi jatuh, disadari dengan gerakan mata yang ke atas dan ke bawah, hingga kehilangan kendali mengenai koordinasi otot atau biasa disebut pula sebagai ataksia yang sehingga mengganggu adanya fungsi berjalan, serta munculnya gangguan mental atau dikatakan sebagai disorientasi yang kemudian mengarah pada perilaku kasar. 

Apabila sindrom kemudian dipicu oleh alkoholisme, gejala contohnya yaitu linglung, mual, muntah maupun gejala mudah merasa lemas atau lelah. Pada kasus tertentu, penderita pun dapat mengalami gejala seperti hipotermia atau hipotensi apabila tidak ditangani dan dilakukan perawatan dengan baik. 

Nah kira-kira apa saja gejala lainnya dari gejala umum sindrom Wernicke Korsakoff dilansir dari laman Honestdocs? Yuk, simak baik-baik 

1. Adanya Gangguan pada mata

Munculnya gangguan penglihatan pada mata disebabkan timbulnya penglihatan ganda serta terjadinya gangguan atau gerakan mata involunter. Gangguan mata akan mengurangi kemampuan penderita sindrom dalam menjalani kehidupan sehari-hari yang memerlukan fungsi utama mata untuk beraktivitas. 

2. Munculnya kebingungan

Bagi penderita sindrom wernicke korsakoff biasanya dapat merasa selalu merasa bingung serta cemas meskipun tidak memiliki masalah. Juga terkadang sering berhalusinasi. 

3. Terjadi gangguan koordinasi gerak tubuh 

Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa gangguan koordinasi gerak tubuh pada penderita sindrom wernicke korsakoff yaitu menimbulkan terganggunya fungsi berjalan karena kendali atas koordinasi menjadi berkurang. Gangguan koordinasi gerak tubuh yang berkurang fungsinya ini tentunya dapat membahayakan penderita sindrom ini karena dapat menyebabkan kecelakaan diri baik didukung oleh faktor eksternal maupun tidak didukung oleh faktor eksternal. 

4.Memiliki Daya ingat yang menurun 

Gejala umum sindrom wernicke korsakoff lainnya ialah daya ingat yang menurun. Daya ingat yang menurun bahkan hingga dapat menyebabkan kehilangan daya ingat atau biasa pula disebut amnesia serta kesulitan untuk membentuk suatu ingatan atau daya ingat baru bagi penderita. 

5. Sangat Sulit menangkap informasi 

Pemderita sindrom ini juga memiliki kesulitan dalam menangkap informasi atau dapat melalui gejala linglung juga, kesulitan menangkap informasi umumnya terjadi akibat perubahan sistem saraf yang terjadi pada penderita sindrom wernicke korsakoff. 

6. Tidak nyambung saat berkomunikasi dengan orang lain 

Berdasarkan gejala penderita yang sulit menangkap informasi maka penderita pun menjadi sulit pula dalam berkomunikasi dengan orang lain atau tidak memiliki bahasan yang nyambung. 

Itulah beberapa daftar gejala umum sindrom wernicke korsakoff yang patut kamu ketahui untuk melakukan prioritas perawatan apabila kamu menemukannya di orang sekelilingmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mari Ketahui Gejala Umum Sindrom Wernicke Korsakoff"

Posting Komentar